Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand) :
1. Perilaku konsumen / selera konsumen
            Tingkat/pola (preferensi) cita rasa dalam menginginkan 
sebuah barang oleh konsumen.
      Contoh : Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak 
yang beli, tetapi   beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah 
dianggap kuno.
2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Perubahan harga produk lain yang memiliki hubungan saling mengganti 
mempengaruhi permintaan pasar.
      Contoh : Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka
 meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
                     Bila harga gula tinggi maka kopi dan teh akan 
mengalami penurunan permintaan.
3. Pendapatan/penghasilan konsumen
Jika pendapatan konsumen meningkat (tinggi) maka permintaan akan suatu 
barang akan tinggi
      Contoh : Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat 
membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya 
rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang 
dibelinya agar jarang membeli.
4. Perkiraan harga di masa depan
Bahwa masa yang akan datang akan terjadi kenaikan harga, atau kenaikan 
pendapatan konsumen, atau kelangkaan produk tersebut dipasar akan 
mendorong konsumen membeli produk tersebut akan lebih banyak.
      Contoh : Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang 
akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti
 bbm/bensin, minyak tanah.
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan mendorong konsumen membeli produk 
tersebut akan lebih banyak
      Contoh : Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk 
masker pelindung akan sangat laris.
                     Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, 
timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan 
sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.
6. Jumlah penduduk
Semakin banyak penduduk maka semakin banyak konsumen, semakin banyak 
pula terjadi permintaan suatu barang.
      Contoh : Penduduk di Pulau Jawa lebih padat dengan Pulau Papua, 
maka terjadinya permintaan suatu barang pun lebih banyak di Pulau Jawa 
dibandung Pulau Papua.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran (Supply) :
1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen 
akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena 
takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku 
terjual.
Kemajuan teknologi akan mengakibatkan:
- Produksi akan bertambah cepat
- Biaya produksi semakin rendah, keuntungan akan bertambah.
Dengan demikian kemajuan teknologi cenderung menaikan penawaran, 
sehingga memicu penurunan harga.
2. Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit 
oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar 
sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris 
dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan 
tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk 
menarik minat konsumen.
 3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga 
perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen 
yang turun.
4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka 
konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga 
terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan 
mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan 
bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai 
faktor.
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar