Mendulang Bisnis Solo Square
dan Lingkungan Sekitarnya
D
I
S
U
S
U
N
Nama : Petra Lugas N
NIM : 1509067
Jurusan : Manajeman Administrasi
Universitas Sebelas Maret
Kata Pengantar
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME. Berkat rahmat hidayah dan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Menjulang Bisnis Solo Square dan Lingkungan Sekitarnya” dengan lancar.
Makalah ini disusun secara khusus untuk memenuhi tugas Hukum Bisnis. Makalah ini dapat selesai dengan baik berkat bantuan dari berbagai pihak.
Oleh sebab itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat :
1. Al. Sentoto Sudarwanto, SH, MH sebagai pembimbing Mata Kuliah Hukum Bisnis
2. Orang tua tercinta yang telah memberi motivasi
3. Teman-teman yang telah mendukung
4. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu
Akhirnya, penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan.
Surakarta, 2010
Penulis
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dewasa ini Kota Surakarta menjadi kota yang berkembang dengan bisnisnya terutama di dalam pembangunan mall. Di Kota Solo terdapat dua mall yang besar yaitu Solo Grand Mall dan Solo Square.
Dengan pembangunan Solo Square di Jalan Slamet Riyadi 451 menciptakan ruang bisnis dalam masyarakat. Namun selain bisnis yang berkembang masalah terhadap lingkungan pun juga timbul di sekitar Solo Square.
Program daerah tentang berwawasan kebersihan, kesehatan, kerapian, dan keindahan dicetuskan melalui Instruksi Walikotamadya Dati II Surakarta No 660/8/1985. Keindahan sebagai akumulasi dari kebersihan, kesehatan, dan kerapian akan melahirkan kondisi yang merefleksi sikap hidup, pemikiran dan perilaku kebersihan dan keharmonisan ekologi dan budaya, merupakan kepribadian masyarakat Surakarta yang mencerminkan citra budaya yang “adiluhung”(luhur) (Pemerintah Kotamadya Daerah Tingkat II Surakarta.1997:242).
Tapi kini kesadaran masyarakat terhadap lingkungannya juga semakin memprihatinkan. Sehingga sekarang keadaan Kota Solo tidak seperti dengan dahulu yang masih asri.
B. Tujuan
Karya ini disusun dengan tujuan :
Teoritis
a. Memberikan masukan agar dalam mendirikan suatu bisnis perlu memperhatikan lingkungan sekitar.
Praktis
a. Sebagai memenuhi tugas Hukum Bisnis
b. Agar tercapainya keberadaan Kota Surakarta yang benar akan slogan “berseri”(bersih sehat rapi indah)
c. Supaya terciptanya Kota Solo yang nyaman asri dan aman bagi semua yang ingin menikmatinya di tengah berkembangnya kota.
C. Rumusan Masalah
a. Apa hubungan bisnis dengan lingkungan di sekitar Solo Square ?
b. Lingkungan yang bagaimana yang menentukan bisnis ?
c. Mengapa antara bisnis dengan lingkungannya terkadang dapat merugikan dan sebaliknya ?
d. Siapa yang berperan di dalam memajukan bisnis di lingkungan sekitar Solo Square ?
D. Langkah Penulisan
Makalah ini terdiri dari 3 bab dengan sistematika sebagai berikut :
a. BAB I Pendahuluan
b. BAB II Isi
c. BAB III Penutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar