Free Catbert Cursors at www.totallyfreecursors.com
ini dunia mayaku: Kontrakol

SeLaMaT DaTanG

Semoga apa yang anda cari dan butuhkan ada di blog ini... Dan semoga membantu anda. Mohon maaf ketidaknyamanan pengunjung beberapa link tidak ditemukan. Untuk respon cepat bisa hubungi / lihat INFORMASI atau email langsung dan diusahakan tidak mendesak. :) Terimakasih kunjungan anda

DafTar LaBeL

Jumat, 26 Agustus 2016

Kontrakol

Kontrakol
Entah dari mana dan siapa yang memberikan nama permainan ini.
INi salah satu permainan tradisional yang dimainkan kelompok (banyak orang/anak). Alat dibutuhkan bola biasanya sih bola tenis yang bisa mantul dan tidak terlalu besar atau kecil. Juga “kreweng” pecahan genting.
Kreweng berjumlah sama dengan pemain atau minimal 5 hingga 7 kreweng. Permainan diawali dengan Gambreng(Hompimpa-“Hompimpa Alaihom gambreng”)
Lalu yang kalah akan jaga. Sebelumnya kreweng di tata bertingkat dalam lingkaran(bisa nggak) lalu pemain lain yang tidak jaga bergiliran menggelindingkan bola hingga kreweng yang ditata jatuh/ambruk lalu pemain lain berlari. Pemain jaga- Kami menyebutnya Jadi /Dadi/Jaga baca Jogo) mengejar pemain lain lalu harus melempar bola ke tubuh tidak boleh kepala agar bertukar yang jaga. Untung menang kreweng tadi harus ditata/dibangun dengan cara menumpuknya lagi. Maka yang terakhir terkena bola akan jaga. Permainan ini tidak mengenal gender, siapapun bisa ikut gabung main. Begitu permainannya.
Pernah lihat di tempat lain menggunakan sandal karet seperti sinema anak upin-ipin tapi di sana di bagi menjadi 2 tim jaga dan yang menata.
Masih adakah di daerahmu?
Apa namanya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar