Free Catbert Cursors at www.totallyfreecursors.com
ini dunia mayaku: AKUNTABILITAS PUBLIK penting dalam administrasi negara?

SeLaMaT DaTanG

Semoga apa yang anda cari dan butuhkan ada di blog ini... Dan semoga membantu anda. Mohon maaf ketidaknyamanan pengunjung beberapa link tidak ditemukan. Untuk respon cepat bisa hubungi / lihat INFORMASI atau email langsung dan diusahakan tidak mendesak. :) Terimakasih kunjungan anda

DafTar LaBeL

Sabtu, 11 Oktober 2014

AKUNTABILITAS PUBLIK penting dalam administrasi negara?



AKUNTABILITAS PUBLIK





   
 





Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Dalam Memperoleh
Nilai Mata Kuliah Teori Administrasi Negara

Disusun Oleh :


Petra Lugas Nuswantoro    
D1112012



Dosen : Dra. Sri Yuliani, M.Si


PROGRAM STUDI NON REG ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2013
Soal :     
1.      Jelaskan mengapa akuntabilitas publik menjadi nilai yang sangat penting dalam administrasi negara?
Apa pentingnya akuntabilitas publik administrasi negara dalam sistem pemerintahan demokrasi ?
2.      Akuntabilitas publik dapat dibedakan menjadi akuntabilitas eksternal atau akuntabilitas politik, akuntabilitas internal (responsibilitas,  akuntabilitas hirarkis dan akuntabilitas profesional), dan akuntabilitas ke masyarakat (responsivitas dan social accountability). Jelaskan apa pengertian dan karakteristik tipe-tipe akuntabilitas tersebut dan berikan contohnya!
3.      Jelaskan perbedaan pandangan atau pendapat tentang akuntabilitas publik antara Carl Friedrich, Herman Finer, dan Vincent Ostrom.
Kaitkan  diskursus tentang akuntabilitas publik di antara ketiga pakar tersebut dengan kasus  mogok para dokter di Indonesia yang dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap dr. Ayu yang dijatuhi hukuman dengan dugaan malpraktek. 
-          Bagaimana  kasus mogok dokter tersebut dilihat dari sisi akuntabilitas profesi ?
-          Bagaimana kasus ini dipahami  menurut pendapat Carl Fiedrich, Herman Finer dan Vincent Ostrom? 










Jawab
1.     Menurut Miriam Budiarjo Akuntabilitas dalam Sri Yuliani buku Teori Administrasi Negara 2010:43 yaitu :
“Pertanggungjawaban pihak yang diberi mandat untuk memerintah kepada mereka yang memberi mandat itu.”
Menurut  Sri Yuliani buku Teori Administrasi Negara menjelaskan Akuntabilitas yaitu  2010:44 :
“Kewajiban untuk menyampaikan pertanggungjawaban atau untuk menjawab dan menerangkan kinerja dan tindakan seseorang / badan hukum / pimpinan kolektif atau organisasi kepada pihak yang memiliki hak atau berkewenangan untuk meminta keterangan atau pertanggungjawaban.”

Menurut  Sri Yuliani buku Teori Administrasi Negara menjelaskan Akuntabilitas yaitu  2010:46
“Berkenaan dengan standard eksternal yg menentukan kebenaran suatu tindakan oleh administrasi negara. Akuntabilitas adalah pertanggungjawaban yang bersifat eksternal dari pihak yang menjalankan tugas  (agent) kepada pihak  yang memberi wewenang/kekuasaan (principal).”

Jadi akuntabilitas publik menjadi nilai yang sangat penting dalam administrasi negara karena akuntabilitas publik merupakan salah satu bentuk kewajiban yang harus dilakukan oleh organisasi publik atau pemerintah atau pejabat pemerintah sebagai suatu pertanggungjawaban setelah menjalankan fungsi pemerintahan dan melaksanakan tugas-tugasnya kepada atasan dalam satu pemerintahan juga kepada masyarakat sebagai suatu pengawasan dan evaluasi dari pelaksanaan tugas.
Pusdiklat BPKP (2007), menjelaskan pentingnya akuntabilitas sebagai berikut :
“Akuntabilitas dipandang sebagai perwujudan kewajiban seseorang atau unit organisasi untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan sumber daya dan pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan kepadanya dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui media pertanggungjawaban berupa laporan akuntabilitas kinerja secara periodik.”

Pentingnya akuntabilitas publik administrasi negara dalam sistem pemerintahan demokrasi, demokrasi selalu dikaitkan dengan publik, 



Mau tau lengkapnya download di sini  https://www.academia.edu/7884772/akuntabilitas_publik_menjadi_nilai_yang_sangat_penting_dalam_administrasi_negara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar