Free Catbert Cursors at www.totallyfreecursors.com
ini dunia mayaku: Mata Kuliah TQM (Total Quality Manajemen)

SeLaMaT DaTanG

Semoga apa yang anda cari dan butuhkan ada di blog ini... Dan semoga membantu anda. Mohon maaf ketidaknyamanan pengunjung beberapa link tidak ditemukan. Untuk respon cepat bisa hubungi / lihat INFORMASI atau email langsung dan diusahakan tidak mendesak. :) Terimakasih kunjungan anda

DafTar LaBeL

Kamis, 30 Januari 2014

Mata Kuliah TQM (Total Quality Manajemen)



Sumber : Materi Kuliah Dosen TQM Muchtar Hadi
( Fisip UNS)

TQM
TOTAL QUALITY MANAGEMENT



..Th1960 ----1970

Amerika / Eropa  à  terdepan dlm Industri

Jepang            à berada jauh di bawah   Di mata Amerika produk       ...Jepang hanya unggul dlm harga à  murah

       
Perbedaan langkah :
Amerika :
Konsentrasi pada masalah “harga “  yaitu ; pada beaya produksi dan kuantitas produksi
Jepang :
konsentrasi pada  “Kualitas “

Setelah tahun 70an 1970  barang manufaktur spt. Mobil, elektronik ; kualitas (porduk Jepang) lebih unggul dp Amerika dan Eropa.
1980 dominasi Amerika dalam industri kunci spt; baja, otomotif, mesin industri dan elektronika mulai digeser Jepang.
Yang dilakukan Jepang dalam industrinya
Cara terbaik dlm persaingan global adalah dengan ;
-          Menciptakan produk yg memiliki kualitas unggul
-          Utk mencapai ini diperlukan perbaikan berkesinambungan thd kemampuan manusia, proses, dan lingkungan (fasilitas)    
Ada bbrp fakta ;
¨     Sebelum 1970an Amerika anggap remeh Jepang.
¨     1970 – 1980 à Jepang merajai industri 
(
à Jepang menerapkan pol Dumping ? )
¨     1980 an persh. Xerox melakukan “benchmarking” ke persh2 di Jepang.
Hasilnya
à persh Jepang menerapkan apa yg disebut dng “TQM” 
à Persh. Xerox menerapkan TQM
¨     Pelopor2 TQM berasal dari Amerika

PENGERTIAN TQM
- (ISO)
suatu aktifitas dr fungsi manajemen secara keseluruhan yg menentukan kebij. kualitas , tujuan2, dan tanggungjawab, serta mengimplementasikannya melalui alat2 spt; perencanaan kualitas, pengendalian kualitas dan peningkatan kualitas.
¨     Perenc. Kualitas
adalah penetapan dan pengembangan tujuan dan kebutuhan utk kualitas serta penerapan sistim kualitas.
¨     Pengendalian kualitas
tehnik2 dan aktifitas operasional yg digunakan utk memenuhi persyaratan kualitas.
¨     Peningkatan kualitas
tindakan2 yg diambil utk meningkatkan nilai produk utk pelanggan  melalui peningkatan ef & ef dari proses

(Dephan US) ;
            Penerapan metode2 kuantitatif dan SDM utk meningkatkan kualitas material dan pelayanan yg dipasok pd suatu orgns dan semua proses dlm orgns serta memenuhi derajat kebutuhan pelanggan utk waktu skg dan yad.
(Amin Widjaja Tunggal);
            sekumpulan aktifitas yg dimaksudkan utk perbaikan proses yg berkesinambungan dan tujuannya adlh utk kepuasan pelanggan.
TQM  :
            perubahan manajemen pada suatu organisasi yg sistematik dan terus menerus thd proses, produk dan layanan  yg berfokus pada
¡        kualitas
¡        berdasar partisipasi seluruh SDM  
¡        Tujuannya adalah efektifitas jangka panjang
¡        Dengan orientasi pada kepuasan pelanggan
¡        dan memberikan manfaat pada anggota organisasi (SDM) dan masyarakat


INPUT
Keinginan
Kebutuhan
Harapan pelanggan
PROSES
Mentransformasi input  dengan sumber daya yang ada utk menghasilkan barang dan jasa
OUTPUT
barang dan jasa
OUTCOME
BENEFIT
IMPACTS


Jadi muara dari TQM  adalah terwujudnya kualitas  unggul
à Dan terus dilakukannya Perbaikan kualitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar