Sumber : Materi Kuliah Dosen TQM Muchtar Hadi
( Fisip UNS)
TQM
TOTAL QUALITY MANAGEMENT
..Th1960
----1970
Amerika /
Eropa à terdepan
dlm Industri
Jepang à berada jauh di bawah Di mata
Amerika produk ...Jepang hanya
unggul dlm harga à murah
Perbedaan langkah
:
Amerika :
Konsentrasi pada
masalah “harga “ yaitu ; pada beaya produksi dan kuantitas produksi
Jepang :
konsentrasi
pada “Kualitas “
Setelah tahun
70an 1970 barang manufaktur spt. Mobil,
elektronik ; kualitas (porduk Jepang) lebih unggul dp Amerika dan Eropa.
1980 dominasi
Amerika dalam industri kunci spt; baja, otomotif, mesin industri dan
elektronika mulai digeser Jepang.
Yang dilakukan
Jepang dalam industrinya
Cara terbaik dlm
persaingan global adalah dengan ;
-
Menciptakan
produk yg memiliki kualitas unggul
-
Utk
mencapai ini diperlukan perbaikan berkesinambungan thd kemampuan manusia,
proses, dan lingkungan (fasilitas)
Ada bbrp fakta ;
¨
Sebelum
1970an Amerika anggap remeh Jepang.
¨
1970
– 1980 à Jepang merajai industri
(à Jepang menerapkan pol Dumping ? )
(à Jepang menerapkan pol Dumping ? )
¨
1980
an persh. Xerox melakukan “benchmarking” ke persh2 di Jepang.
Hasilnya à persh Jepang menerapkan apa yg disebut dng “TQM”
à Persh. Xerox menerapkan TQM
Hasilnya à persh Jepang menerapkan apa yg disebut dng “TQM”
à Persh. Xerox menerapkan TQM
¨
Pelopor2
TQM berasal dari Amerika
PENGERTIAN TQM
- (ISO)
suatu aktifitas dr fungsi manajemen secara keseluruhan yg menentukan kebij.
kualitas , tujuan2, dan tanggungjawab, serta mengimplementasikannya melalui
alat2 spt; perencanaan kualitas, pengendalian kualitas dan peningkatan
kualitas.
¨
Perenc. Kualitas
adalah penetapan dan pengembangan tujuan dan kebutuhan utk kualitas serta penerapan sistim kualitas.
adalah penetapan dan pengembangan tujuan dan kebutuhan utk kualitas serta penerapan sistim kualitas.
¨
Pengendalian kualitas
tehnik2 dan aktifitas operasional yg digunakan utk memenuhi persyaratan kualitas.
tehnik2 dan aktifitas operasional yg digunakan utk memenuhi persyaratan kualitas.
¨
Peningkatan kualitas
tindakan2 yg diambil utk meningkatkan nilai produk utk pelanggan melalui peningkatan ef & ef dari proses
tindakan2 yg diambil utk meningkatkan nilai produk utk pelanggan melalui peningkatan ef & ef dari proses
(Dephan US) ;
Penerapan metode2 kuantitatif dan SDM utk
meningkatkan kualitas material dan pelayanan yg dipasok pd suatu orgns dan
semua proses dlm orgns serta memenuhi derajat kebutuhan pelanggan utk waktu skg
dan yad.
(Amin Widjaja Tunggal);
sekumpulan aktifitas yg dimaksudkan utk perbaikan
proses yg berkesinambungan dan tujuannya adlh utk kepuasan pelanggan.
TQM :
perubahan manajemen pada
suatu organisasi yg sistematik dan terus menerus thd proses, produk dan
layanan yg berfokus pada
¡
kualitas
¡
berdasar partisipasi seluruh SDM
¡
Tujuannya adalah efektifitas jangka
panjang
¡
Dengan orientasi pada kepuasan pelanggan
¡
dan
memberikan manfaat pada anggota organisasi (SDM) dan masyarakat
INPUT
Keinginan
Kebutuhan
Harapan pelanggan
PROSES
Mentransformasi input
dengan sumber daya yang ada utk menghasilkan barang dan jasa
OUTPUT
barang dan jasa
OUTCOME
BENEFIT
IMPACTS
Jadi muara dari TQM adalah
terwujudnya kualitas unggul
à Dan terus dilakukannya Perbaikan kualitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar