Free Catbert Cursors at www.totallyfreecursors.com
ini dunia mayaku: Pengantar Ilmu AN KD 1

SeLaMaT DaTanG

Semoga apa yang anda cari dan butuhkan ada di blog ini... Dan semoga membantu anda. Mohon maaf ketidaknyamanan pengunjung beberapa link tidak ditemukan. Untuk respon cepat bisa hubungi / lihat INFORMASI atau email langsung dan diusahakan tidak mendesak. :) Terimakasih kunjungan anda

DafTar LaBeL

Selasa, 08 Oktober 2013

Pengantar Ilmu AN KD 1



UJIAN KOMPETENSI DASAR 1
PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI NEGARA



 










Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Dalam Memperoleh
Nilai Mata Kuliah Pengantar Ilmu Pengantar Administrasi Negara

 


Disusun Oleh :
PETRA LUGAS NUSWANTORO
D1112012



PROGRAM STUDI NON REG ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2013



SOAL
1.      Jelaskan !
a.  Pengertian Administrasi Publik
b. Locus dan Focus Administrasi Publik

2. Jelaskan pemahamanmu tentang
            a. Pengertian administrasi publik ditinjau dari aspek politik
            b. Pengertian administrasi publik ditinjau dari aspek hukum
            c. Pengertian administrasi publik ditinjau dari aspek manajemen
            d. Pengertian administrasi publik ditinjau dari aspek profesi


JAWAB
1.            a. Definisi Administrasi Publik
Administrasi negara sering disebut juga administrasi publik, jadi administrasi publik adalah proses kegiatan atau kemampuan kerjasama yang dilakukan pemerintah dalam menentukan suatu keputusan yang memiliki tujuan untuk menyelesaikan suatu masalah dan mengatur kepentingan yang berkembang di masyarakat (publik).
Menurut Yeremias T Keban dalam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep dan Teori 2004 Administrasi Publik merupakan seni dan ilmu (art&science) yang ditujukan untuk mengatur public affair dan melaksanakan berbagai tugas yang telah ditetapkan.
Menurut Nigro&Nigro dalam modul Pengantar Ilmu AN oleh Dra.Sri Yuliani, M.Si Administrasi Publik apa yang dilakukan oleh pemerintah, terutama lembaga eksekutifnya (dengan sarana birokrasi) di dalam memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan.
Modul Pengantar Ilmu AN oleh Dra.Sri Yuliani, M.Si menurut Gerald Caiden Administrasi negara meliputi setiap bidang dan aktifitas yang menjadi sasaran kebijaksanaan pemerintah; termasuk proses formal dan kegiatan-kegiatan DPR, fungsi-fungsi yang berlaku dalam lingkungan pengadilan dan kegiatan-kegiatan dari lembaga militer.


b. Locus dan Focus Administrasi Publik
Locus Administrasi Publik merupakan bagaimana pengelolaan pemerintah terhadap ketepatan dan kecermatan mengutamakan kepentingan masyarakat(publik) dan sesegera memutuskan kebijakan publik jika terdapat msalah dalam masyarakat.
Focus Administrasi Publik adalah kegiatan pemerintah yang mampu menerapkan dan menjalan kebijaksanaan dan program-program kegiatan pemerintahan untuk mecapai tujuan yang telah ditetapkan mulai dari kegiatan merencanakan, mengatur, mengawasi, hingga evaluasi untuk kepentingan publik.
Nicholas Henry  dalam Administrasi Negara dan Masalah-masalah Publik Lokus adalah tempat yang menggambarkan di mana ilmu tersebut berada. Dalam hal ini lokus dari ilmu administrasi publik adalah: kepentingan publik (public interest) dan urusan publik (public affair).
Fokus adalah apa yang menjadi pembahasan penting dalam memepelajari ilmu administrasi publik. yang menjadi fokus dari ilmu administrasi publik adalah teori organisasi dan ilmu manajemen.


2.            a. Pemahaman administrasi publik ditinjau dari aspek politik
Administrasi publik dari sudut pandang aspek politik dalam menjalan kegiatan menyusun kebijakan dengan beberapa tahapan oleh badan-badan, pejabat dan aparatur pemerintah yang memiliki kewenangan. Kebijakan Publik disusun memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai. Dalam menjalankan administrasi publik pemerintah perlu memiliki sikap obyektif.
Pemerintah memiliki kemampuan menciptakan kebijakan melalui tahapan seperti menyusun, menerapkan, adanya alternatif, resiko dan evaluasi sehingga dengan adanya perhitungan langkah itu dikatakan pilihan yang rasional.
b. Pemahaman administrasi publik ditinjau dari aspek hukum
Administrasi Publik dalam kegiatannya atau tindakan yang dilakukan pemerintah terkadang bersifat mengatur dan memaksa, tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan masyarakat sehingga apabila dilanggar mendapat sanksi. Publik sebagai masyarakat / warga negara yang perlu diatur tentang ketetapan tertentu dalam kehidupan bermasyarakat.


c. Pemahaman administrasi publik ditinjau dari aspek manajemen
Administrasi Publik dijalankan oleh badan-badan, pejabat dan aparatur pemerintah yang memiliki kewenangan, dalam mencapai tujuan yang ditetapkan dalam jangka waktu tertentu. Dari aspek manajemen pemerintah harus mampu mengkoordinasi, mengatur berbagai kepentingan yag ada di masyarakat. Pemerintah menentukan cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan dan aktor yang berperan dalam kegiatan Dalam aspek ini masyarakat/publik bisa dikatakan sebagai keterwakilan (yang diwakili) oleh legislatif.
d. Pemahaman administrasi publik ditinjau dari aspek profesi
Administrasi publik ditinjau dari aspek profesi, pemerintah merupakan sebagai organisasi yang memiliki tujuan melayani publik(masyarakat) sebagai pelanggan dari berbagai bidang misalnya kesehatan(dokter), pendidikan (guru), keamanan(polisi). Pelayanan didapat masyarakat tanpa harus mengeluarkan biaya, hal ini merupakan implikasi dari fungsi aparat negara sebagai pelayan masyarakat. Dalam aspek profesi, kedudukan aparatur pemerintah dalam pelayanan umum (public services) sangat menentukan sejauhmana pemerintah mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi masyarakat, demikian menentukan negara telah menjalankan perannya dengan baik.
Shafritz dan Russel (1997) mengemukakan administrasi negara menjadi empat kategori : kategori politik,hukum, manajemen dan okupasi.








Daftar Pustaka

Caiden, Gerald. 1982. Public administration. Palisades Publishers: California
Henry, Nicholas, 1995. Administrasi Negara dan Masalah-masalah Publik. Rajawali Press: Jakarta.
Jay, Shafritz M. & E.W Russel. 1997. Introducing Public Administration, Longman: New York.
Yuliani, Sri. 2004. Pengantar Ilmu Administrasi Negara. UNS: Solo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar